ja_mageia

EMS ISO 14001:2004 

Pengelolaan lingkungan sudah menjadi suatu perhatian utama dari negara-negara maju dan berkembang.

Tuntutan pengelolaan dan kontrol lingkungan bisnis dan proses manufaktur datang dari dua faktor utama yaitu : tuntutan dari masyarakat sekitar dan tentunya dari negara asal pembeli 

  • Narrow screen resolution
  • Wide screen resolution
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Home FAQs Apakah ISO itu?
Apakah ISO itu?
ISO merupakan sebuah kata dari bahasa Yunani untuk menyatakan sesuatu yang berarti "Sama". Sedangkan badan yang menangani masalah standarisasi di seluruh dunia adalah The International Organization for Standardization, dan sering karena tugasnya di bidang standarisasi maka disebut dengan ISO (jadi ISO bukan merupakan singkatan dari The International Organization for Standardization). Sekretariat  berkedudukan di Jenewa, Swiss.

Di tiap-tiap Negara, biasanya juga sudah mempunyai organisasi yang menangani standarisasi. di Indonesia organisasi atau institusi yang menangani masalah organisasi adalah Badan Standarisasi Nasional (BSN).

Sekretariat  ISO telah mengeluarkan beberapa seri standarisasi, yaitu ISO 9001 untuk Quality Management System (QMS - Sistem Management Mutu), ISO 14001 untuk Environment Management System (EMS - Sistem Majemen Lingkungan), ISO 18001 (OHSAS) di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja, serta seri-seri lainnya. Untuk bidang konstruksi seperti lingkup pekerjaan anggota Aspekindo, maka ISO 9001 lah yang biasanya diimplementasikan terlebih dahulu. ISO 9001 sendiri telah mengalami penyempurnaan dari ISO 9001 : 1994 menjadi ISO 9001 : 2000 dan versi terbaru adalah ISO 9001:2008, di mana yang tersebut terakhir sangat fleksibel untuk diterapkan di semua jenis organisasi (besar/kecil, swasta/pemerintahan). Beberapa seri standar internasional (ISO) telah di adopsi oleh pemerintah Indonesia, dan menjadi standar nasional Indonesia (SNI).
 

Customer Care

Johnson Rolnmuch
Deddi Elmar

Special Links

Banner